Apakah Bisnis Kamu Memerlukan Website?

Well well well ini pertanyaan yang mudah dan menguntungkan buat saya sebagai Web Design Agency, yah jawabannya perlu (Ehemmm). Tapi apakah semua bisnis memerlukan website? Saya coba review dari beberapa pengalaman Kanuta Web Design selama ini ya.

 

Contoh 1 : Ada sahabat saya yang usahanya replikasi CD/DVD resmi, dia selama ini berjualan offline saja dan berniat membuat website untuk nambah omset. Jadilah saya buatkan dengan harga sangat teman, bersahabat, enak di kantong. Singkat cerita selesai dan saya anjurkan untuk diiklankan dengan Google Adwords untuk kata kunci tertentu yang nampol. Eh ternyata ampuh banget untuk bisnis dia, mulai banyak penawaran datang dari seluruh Indonesia. Keren ya.

 

Contoh 2 : Ada juga kita pernah dapat klien yang mau buat website jualan online, si klien ini sebelumnya jualan di Instagram dan laku banget. Nah doi mau beralih ke website supaya lebih keren dan berkelas. Sudah selesai desain dan sekarang urusan input foto-foto dan keterangan ke website, disinilah masalah mulai timbul. Si klien merasa ini wasting time banget input-input tas segono banyak, akhirnya dia kembali jualan di Instagram saja.

 

Contoh 3 : Yang terakhir kita pernah dapat klien yang bergerak di bidang sales mobil. Dia mau nambah omset dengan membuat website, berharap dengan membuat website sim salabim langsung dapet klien dari banyak tempat. Tapi…. dengan bujet yang sangat amat minim. Dengan halus saya menolak dan memberikan masukan bahwa membuat website tidak sim salabim langsung dapet order dari seluruh galaksi. Sebetulnya bisa saja saya ambil projectnya, tetapi saya lebih suka mengedukasi klien agar kelangsungan bisnis masing-masing terjaga 🙂

 

Poin yang mau saya sampaikan disini adalah, bahwa sangat perlu membuat website dengan tujuan untuk :

  1. Memperkuat rasa percaya konsumen mengenai brand kamu
  2. Membuat produk atau servis kamu dapat dilihat banyak orang sepanjang waktu. Ingat customer kamu sudah online, jadi bisnis juga harus dapat dilihat online

 

Tapi harus kita ingat bahwa dengan membuat website tidak sim salabim dapat mendatangkan seluruh penghuni galaksi ke website kita. Persis seperti membuat toko di dunia nyata, tetap perlu di promokan biar customer datang, tetap perlu dibuat toko yang bagus agar customer betah berlama-lama.
Ini beberapa poin dan konsekuensi yang perlu kita perhatikan jika membuat website :

  1. Setelah membuat website tetap perlu strategi dan biaya marketing agar website kamu banyak pengunjung
  2. Fokus dan dierlukan konsistensi untuk konten website kita kalau mau terus berkembang

 

Jadi kondisi seperti apa bagi pebisnis wajib memerlukan website? Ini menurut saya :

  1. Perusahaan Berbadan Hukum
    Ini wajib jib harus punya website karena dapat memberikan informasi yang terbuka dan mengangkat citra perusahaan
  2. Produk atau Layanan Bisnis Kamu Sudah Terkenal
    Ini wajib jib juga harus punya website, supaya jangan tiba-tiba ada website yang mengklaim dan numpang terkenal dari nama bisnis kamu. Mungkin ga harus memindahkan cara berjualan kamu, cukup profil saja juga sudah cakep
  3. Ingin Benar-Benar Fokus Jualan Di Web
    Sama seperti toko beneran. Di dunia maya pun potensinya luar biasa untuk jualan, jadi jangan ragu untuk jualan online dan investasi di website.
  4. Web Enabler
    Ini mah udah pasti. Web Enabler itu maksudnya menjadikan suatu sistem bisnis yang sudah ada menjadi online, contoh ojek tradisional menjadi ojek online.

 

Yasudah cukup sekian ya artikel kali ini. Semoga menjadi bahan pertimbangan yang baik.

Comments

comments